Hindari Perilaku Berikut Agar Tidak Sering Memanggil Jasa Service Kulkas

Kulkas merupakan salah satu elektronik yang memiliki banyak fungsi. Hampir di setiap rumah memiliki kulkas. Kulkas berguna untuk menyimpan makanan, minuman, buah-buahan, dan sayuran agar lebih awet.

Layaknya alat elektronik lainnya, kulkas juga akan mudah rusak. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering tidak disadari.

Agar kulkas tidak mudah rusak dan Anda tidak perlu sering memanggil jasa service kulkas, ada beberapa perilaku yang harus Anda hindari.

1. Mengisi kulkas tanpa mempertimbangkan kapasitasnya

Agar kulkas tidak mudah rusak, Anda harus mengisi kulkas dengan makanan dan minuman secukupnya. Apabila Anda asal memasukkan barang tanpa mempertimbangkan kapasitas kulkas, maka bisa berimbas pada kerusakan komponen kulkas.

Kompresor akan bekerja lebih berat. Selain itu, hal tersebut juga bisa mengakibatkan pembengkakan tagihan listrik.

2. Memasukkan air panas ke dalam kulkas

Jika Anda ingin memasukkan air panas, maka sebaiknya Anda mendiamkannya di udara terbuka dan tunggu hingga dingin.

Hal sepele tersebut ternyata juga bisa merusak kulkas. Oleh sebab itu, perhatikan suhu air sebelum memasukkannya ke dalam kulkas agar Anda tidak perlu sering-sering memanggil jasa service kulkas.

3. Tidak pernah membersihkan kulkas

Kebersihan kulkas juga menjadi hal penting yang harus Anda jaga. Anda harus membuat jadwal rutin untuk membersihkan kulkas. Kulkas yang jarang dibersihkan akan mengakibatkan makanan maupun minuman yang disimpan menjadi bau.

4. Meletakkan kulkas di dekat kompor

Agar Anda tidak perlu sering-sering memanggil jasa service kulkas, Anda harus meletakkan kulkas jauh dari kompor.

Kompor dan kulkas merupakan dua alat yang berfungsi kebalikan. Kompor identik dengan alat panas, sedangkan kulkas alat elektronik penghasil dingin. Untuk itu, Anda perlu mengatur jarak yang agak jauh untuk kompor dan kulkas agar tidak berpengaruh terhadap kinerja kulkas.

5. Meletakkan kulkas dekat dengan dinding

Pada umumnya, orang yang memiliki kulkas meletakkannya sangat dekat dengan dinding. Walaupun demi alasan kerapian, Anda harus menghindarinya.

Sebaiknya Anda meletakkan kulkas dengan jarak 15 hingga 20 cm dari dinding. Hal tersebut akan menghindarkan kulkas dari kerusakan akibat dinding yang lembab.

6. Membiarkan kulkas tidak tertutup sempurna

Perilaku sederhana yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulkas selanjutnya yakni tidak menutup kulkas dengan sempurna. Anda mungkin sering membiarkan kulkas tidak tertutup sempurna. Sengaja maupun tidak sengaja, hal sepele tersebut juga bisa menyebabkan kulkas Anda semakin cepat rusak.

Mulai hari ini, Anda harus selalu memastikan kulkas dalam keadaan tertutup sempurna setelah membukanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya service kulkas karena kulkas Anda dalam keadaan yang sehat.

7. Membiarkan bunga es menumpuk

Bunga es yang menumpuk dan tidak pernah dibuang akan menyebabkan keseimbangan suhu terganggu. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan freezer dari bunga es secara rutin dengan cara melelehkannya.

Agar kulkas awet, Anda perlu menghindari mengikis es di freezer dengan alat yang tajam seperti pisau. Penggunaan pisau bisa membuat permukaan freezer menjadi rusak.

8. Mengatur suhu ke aturan paling rendah

Bagi pengguna kulkas sering mengatur suhu ke aturan paling rendah. Tujuannya agar kulkas tidak memakan tenaga listrik terlalu besar.

Asal Anda tahu bahwa dengan mengatur suhu ke aturan paling rendah, tegangan listrik yang digunakan malah semakin tinggi. Selain itu, kulkas juga akan mudah rusak apabila Anda mengatur suhu ke paling rendah. Jadi, Anda sebaiknya mengatur suhu yang sesuai dengan kebutuhan.

Itulah tadi beberapa perilaku yang secara tidak sadar ternyata dapat membuat kulkas menjadi rusak. Namun bagi Anda yang kulkasnya sedang rusak dan membutuhkan jasa service kulkas, Anda bisa menemukannya di sejasa.com.

Dengan sejasa, Anda bisa menemukan berbagai jasa yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, termasuk service kulkas. Cari jasa, ingat sejasa!

Leave a Comment